Rabu, 07 September 2016

Ubur-Ubur (Aurelia Aurita)

Ubur-Ubur (Aurelia Aurita)
 


Ubur-ubur (Aurelia Aurita)
Kingdom : animalia
Filum : coelenterate
Klas : schyphozoa
Ordo : decapoda
Familia : aureliaceae
Genus : Aurelia

Beberapa jenis ubur-ubur hidup di perairan tawar, namun kebanyakan hidup di laut. Ubur-ubur termasuk knidaria, yaitu invertebrata yang bertubuh lunak dan transparan serta bertentakel. Pada tentakel terdapat sel penyengat yang disebut knidoblas yang digunakan untuk menangkap mangsa. Ubur-ubur bergerak terutama karena terbawa arus atau tertiup angin. Pada umumnya ubur-ubur tidak berbahaya namun beberapa jenis sangat mematikan.


Tawon laut atau ubur-ubur kotak Australia mempunyai diameter tubuh mencapai 25 cm. Jenis ini sangat mematikan. Tubuhnya memiliki empat sisi dan tentakel transparan mencapai 2 m. Tawon laut memulai hidup di pantai yang terlindung dan estuari di timur laut Australia dan terkadang terbawa arus ke pantai. Ubur-ubur ini sangat berbahaya bagi perenang sehingga pantai sering ditutup pada saat musim tawon laut.


 
 Tidak seperti ubur-ubur pada umumnya, ubur-ubur Portugis terdiri dari banyak polip yang hidup bersama dalam koloni. Sebuah polip berisi gas dan berfungsi seperti layar yang menangkap angin. Pada bagian bawah, tentakel menjulur dan dapat mencapai panjang 20 m. Ubur-ubur Portugis hidup di laut yang hangat. Jika ubur-ubur tersebut terdampar, sel penyengat pada tentakel masih aktif selama beberapa hari.


 
 
Ubur-ubur berenang dengan mengontraksikan tubuhnya secara teratur. Ubur-ubur surai singa berenang ke permukaan untuk menangkap mangsa. Pertama tubuhnya terbuka lebar dan kemudian berkontraksi mendorong ke belakang melawan air sehingga ubur-ubur terdorong ke arah berlawanan. Tidak semua ubur-ubur adalah perenang, beberapa jenis hidup di dasar laut
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar